World Rally Championship

Publicado  Kamis, 13 Mei 2010

World Rally Championship

The World Rally Championship (WRC) adalah rallying seri yang diselenggarakan oleh FIA , mencapai puncaknya dengan sopir juara dan produsen. itu kejuaraan dunia Pengemudi dan kejuaraan dunia itu produsen adalah kejuaraan terpisah, tetapi berdasarkan sistem poin yang sama. Serial saat ini terdiri dari 13-hari peristiwa tiga didorong pada permukaan mulai dari kerikil dan aspal untuk salju dan es. Setiap rally dibagi menjadi 15-25tahap khusus yang dijalankan terhadap jam di jalan ditutup. itu hak komersial olahraga dikelola oleh International Komunikator Sportsworld , yang juga memproduksi acara harian menyoroti ditampilkan di 186 negara.

The WRC terbentuk dari dikenal dan populer internasional aksi-baik, sebagian besar yang sebelumnya menjadi bagian dari Eropa Rally Championship dan / atau Kejuaraan Internasional untuk Produsen , dan seri pertama kali diperebutkan dalam 1973. The World Rally Car adalah mobil saat ini spesifikasi seri. Ini berkembang dari Grup Amobil yang menggantikan dilarang Grup B supercar misalnya Audi Quattro. World Rally Mobil yang dibangun pada produksi mobil-liter silinder empat dua, tapi fitur turbocharger , anti-lag sistem, four-wheel-drive , gearbox sekuensial (shift dayung), bagian aerodinamis dan perangkat tambahan lain membawa harga mobil WRC menjadi sekitar US $ 1 juta (€ 700.000) sekitar £ 500,000.[1]

Ini fitur kejuaraan WRC dukungan tiga, Junior World Rally Championship (JWRC), yang Produksi World Rally Championship (PWRC), dan Super 2000 World Rally Championship (SWRC) yang dilombakan pada acara yang sama dan tahapan sebagai WRC, tetapi dengan peraturan yang berbeda. Mobil produksi, super junior 2000 dan balapan pendatang melalui tahap-tahap setelah driver WRC.

Sejarah

Awal

World Rally Championship dibentuk dari aksi-internasional dikenal dengan baik, sembilan dari yang sebelumnya bagian dari Kejuaraan Internasional untuk Produsen (IMC), yang diperebutkan 1970-1972. The 1973 World Rally Championship musim adalah musim perdana dari WRC dan mulai dengan 42ème Rallye Automobile de Monte-Carlo pada tanggal 19 Januari.

Alpine-Renault memenangkan pertama kejuaraan dunia itu produsen dengan perusahaan Alpine A110 , setelah Lanciamengambil judul tiga tahun berturut-turut dengan Ferrari V6 -powered Lancia Stratos , mobil pertama dirancang dan diproduksi khusus untuk menggalang. Yang pertama kejuaraan dunia 'driver tidak diberikan sampai 1979, meskipun1977dan 1978musim termasuk sebuah Piala FIA untuk Driver , dimenangkan oleh Italia 's Sandro Munari dan Finlandia's Markku Alen masing. Swedia 's Björn Waldegård menjadi juara dunia resmi pertama, merayap keluar Finlandia Hannu Mikkola dengan satu poin. Fiat mengambil manufacters 'judul dengan Fiat 131 Abarth tahun 1977, 1978 dan 1980, Forddengan perusahaan Escort RS1800 pada tahun 1979 dan Talbot dengan yang Sunbeam Lotus di 1981. Waldegård diikuti oleh Jerman Walter Röhrl dan Finn Ari Vatanen sebagai juara dunia 'driver.

era Grup B

1980-an melihat belakang-wheel-drive Grup 2 dan lebih populer Grup 4 mobil diganti dengan yang lebih kuat four-wheel-drive Grup B mobil. FISA disahkan all-wheel-drive pada tahun 1979, tetapi produsen yang paling percaya terlalu rumit untuk sukses. Namun, setelah Audi mulai memasuki Mikkola dan drive baru four-wheel- Quattro dalam aksi unjuk rasa untuk tujuan pengujian dengan sukses langsung, produsen lain mulai drive mereka all-wheel-proyek. Grup B peraturan telah diperkenalkan pada musim 1982 , dan dengan hanya beberapa pembatasan diperbolehkan hampir kekuasaan tak terbatas. Audi mengambil konstruktor judul pada tahun 1982 dan 1984dan 'judul driver dalam 1983(Mikkola) dan 1984 (Stig Blomqvist ). Audi Prancis wanita pengemudi Michèle Mouton mendekati juara tahun 1982, tetapi harus puas dengan tempat kedua setelah Opel Röhrl saingan. 1985judul tampak siap untuk pergi ke Vatanen dan nya Peugeot 205 T16namun kecelakaan buruk di Argentina Rally kiri dia menonton senegaranya dan tim-mate Timo Salonen mengambil judul, bukan. Italia Attilio Bettega bahkan yang parah kecelakaan lebih banyak dengan nya Lancia 037 di Tour de Corse dan tewas seketika.

The musim 1986 dimulai dengan penampilan mengesankan oleh Finlandia Henri Toivonen dan Alen di Lancia yang baru turbo dan supercharged Delta S4 , yang dilaporkan bisa mempercepat 0-60 mph (96 km / h ) dalam 2,3 detik, di jalan berkerikil. [2]Namun, musim segera mengambil dramatis. Di Portugal Rally, tiga penonton tewas dan lebih dari 30 terluka setelah Joaquim Santos kehilangan kendali nya Ford RS200 . Pada Tour de Corse, kejuaraan favorit Toivonen dan sopirnya co- Sergio Cresto meninggal dalam kecelakaan bola api setelah terjun ke tebing. Hanya beberapa jam setelah kecelakaan, Jean-Marie Balestre dan FISA memutuskan untuk membekukan pengembangan mobil Grup B dan melarang mereka dari bersaing pada tahun 1987. Lebih kontroversi diikuti ketika Peugeot Juha Kankkunen juara setelah FIA membatalkan hasil San Remo Rally , mengambil judul dari Alen Finn sesama.

Group A era


Sebagai direncanakan Grup S juga dibatalkan, Grup A peraturan menjadi standar dalam WRC sampai 1997. A Grup kejuaraan terpisah telah diselenggarakan sebagai bagian dari WRC sudah tahun 1986, dengan Swedia Kenneth Eriksson mengambil judul dengan Volkswagen Golf GTi 16V .[3]Lancia adalah tercepat dalam beradaptasi dengan peraturan baru dan dikendalikan rally scene dunia dengan Lancia Delta Integrale , menang konstruktor judul enam tahun berturut-turut dari 1987ke 1992. Kankkunen dan Miki Biasion baik mengambil driver 'judul dua dengan Integrale.

1990-an lalu melihat Jepang produsen, Toyota , Subaru dan Mitsubishi , menjadi favorit judul. Spanyol 's Carlos Sainzmengemudi untuk Toyota Tim Eropa mengambil 1990dan 1992 judul dengan Toyota Celica GT-Four . Kankkunen pindah ke Toyota untuk musim 1993 dan memenangkan gelar keempatnya catatan, dengan Toyota mengambil 'produsen pertama mahkota. Prancis Didier Auriol membawa tim sukses lebih lanjut 1994, dan segera Subaru dan Mitsubishi melanjutkan keberhasilan konstruktor Jepang. Subaru 's Skotlandia Colin McRae memenangkan 'kejuaraan dunia driver dalam 1995dan produsen Subaru mengambil judul tiga tahun berturut-turut. Finlandia Tommi Mäkinen mengendarai Mitsubishi Lancer Evolution memenangkan pembalap juara empat kali berturut-turut, dari 1996ke 1999. Mitsubishi juga memenangkan produsen 'judul di1998.

era World Rally Car

Untuk musim 1997 , di World Rally Car ketentuan diperkenalkan sebagai pengganti dimaksudkan untuk Grup A (hanya bekerja berturut Mitsubishis masih sesuai dengan rumus terakhir, sampai mereka juga, homologated sebuah Lancer Evolution WRC dari San Remo Rally 2001). Setelah sukses Mäkinen dan produsen Jepang, Perancis Peugeot membuat sukses kembali sangat ke World Rally Championship. Finn Marcus Grönholm mengambil driver 'judul di tahun pertama penuh di seri dan Peugeot memenangkan produsen' mahkota. Inggris 's Richard Burns memenangkan 2001gelar denganSubaru Impreza WRC , tapi Grönholm dan Peugeot mengambil kembali kedua gelar di musim 2002 . 2003melihatNorwegia 's Petter Solberg menjadi 'juara driver untuk Subaru dan Citroën melanjutkan keberhasilan produsen Perancis. Citroën's Sébastien Loeb melanjutkan untuk mengontrol musim berikut dengan nya Citroën Xsara WRC . Citroën mengambil konstruktor gelar tiga kali berturut-turut dan Loeb melampaui rekor Mäkinen driver 'judul empat produktif kelima dengan musim menang 2008. [4]Setelah tahun titleless banyak di bagian atas dengan mereka Ford Focus WRC ,Ford mengambil 2006dan 2007'judul produsen dengan driver Marcus Grönholm dan Mikko Hirvonen.

Struktur

Škoda mempersiapkan mobil mereka sehari sebelum penggeledahan.

Setiap musim biasanya terdiri dari 13 demonstrasi didorong pada permukaan mulai dari kerikil dan aspal untuk salju dan es. Poin dari peristiwa ini dihitung terhadap pembalap dan kejuaraan dunia 'produsen. Kejuaraan pengemudi dan itu kejuaraan produsen adalah kejuaraan terpisah, tetapi berdasarkan sistem poin yang sama. Ini berarti, misalnya, bahwaPetter Solberg mengemudi untuk Subaru bisa menang pengemudi kejuaraan tetapi Citroën bisa menang produsen kejuaraan, yang adalah apa yang terjadi di 2003, dan sekali lagi dalam 2006dan 2007ketika Sébastien Loeb mengambil WRC ketiga dan keempat judul, tetapi Ford memenangkan produsen kejuaraan. Dalam sistem poin saat ini, poin diberikan pada akhir setiap rally ke atas WRC sepuluh (keseluruhan), SMP , mobil produksi dan super 2000 driver yang memenuhi syarat sebagai berikut: 1: 25 poin, 2: 18 poin, 3: 15 poin , 4: 12 poin, 5: 10 poin, 6: 8 poin, 7: 6 poin, 8: 4 poin, 9: 2 poin, 10: 1 poin. Meskipun berapa banyak pembalap di satu tim, konstruktor hanya dapat mengusulkan dua driver untuk mencetak poin bagi tim maupun mencetak gol bagi diri mereka sendiri. Karena hanya driver dinominasikan dihitung sementara pemberian poin, bahkan para pesaing ditempatkan lebih bawah daripada keseluruhan kesepuluh (jika didahului oleh privateer driver) dapat skor mereka.

Sebuah stadion berbasis tahap super khusus di Argentina.

Dalam era saat ini, setiap rally biasanya terdiri dari 15-35 tahap khusus dari jarak mulai dari bawah 2 km (1,24 mil) (spesial super ) untuk lebih dari 50 kilometer (31 mil). Tahap ini kompetitif didorong jalan ditutup dihubungkan oleh non-kompetitif ruas jalan yang berada di jalan yang terbuka di seluruh jalan hukum negara yang harus dipatuhi. Pada hari rata-rata terdiri dari total 400 kilometer (249 mil) dari mengemudi. [5]Sebuah peristiwa WRC dimulai dengan pengintaian (recce ) pada hari Selasa dan Rabu, yang memungkinkan kru untuk melewati tahap-tahap dan membuat atau memperbarui mereka pacenotes . Pada hari Kamis, tim dapat menjalankan melalui penggeledahan tahap untuk berlatih dan menguji set-up mereka. Kompetisi dimulai pada hari Jumat dan berakhir pada hari Minggu. Mobil mulai tahap di satu atau dua menit interval. Setiap hari, atau kaki , memiliki beberapa layanan yang ditunjuk taman antara tahap, di mana tim dapat - dalam batas waktu yang ketat - melakukan pemeliharaan dan perbaikan mobil mereka. Layanan taman juga memungkinkan penonton dan media untuk dekat dengan tim dan mereka mobil dan driver. Antara hari, setelah menit akhir pelayanan 45 hari, mobil terkunci dalam dijaga fermé parc.[5]

Mobil

Andy Priaulx mengendarai Ford Focus WRC di Race of Champions 2007.

The berbasis produksi 2,0 L turbocharged four-wheel drive mobil dibangun untuk World Car Rally peraturan balap di aspal, kerikil dan salju. Output daya hanya terbatas pada sekitar 300 bhp (225 kW). mobil saat ini dalam kejuaraan ini meliputi Citroën C4 dan Ford Focus RS . Citroën, Peugeot, Škoda dan Mitsubishi menarik diri dari kejuaraan untuk tahun 2006 dan mobil-mobil, meskipun digunakan oleh privateers, tidak dalam pengembangan lebih lanjut. Citroën kembali ke WRC dalam 2007menggunakan C4 . The World Rally Team Suzuki bergabung dengan kejuaraan 2008 untuk pertama kalinya dengan mereka SX4 tetapi mereka telah menarik diri dari kejuaraan 2009 bersama-sama dengan Subarukarena penurunan ekonomi saat ini mempengaruhi industri otomotif.

The WRC ini sebelumnya dimiliki untuk Grup A dan Grup B rallycars. Namun, karena kekuatan meningkat, kurangnya reliabilitas dan kecelakaan fatal pada musim 1986 , Grup B itu dilarang secara permanen. Kemudian, dalam 1997, dariGrup A mobil berkembang menjadi spec mobil WRC, untuk memudahkan pengembangan mobil baru dan membawa baru membuat persaingan.

Mobil di mobil World Rally Championship Produksi terbatas pada mobil-mobil produksi berbasis homologated bawah Grup N aturan. Mobil di Super 2000 World Rally Championship yang homologated bawah Super 2000 aturan. Kebanyakan mobil di Junior World Rally Championship yang homologated bawah Super 1600aturan, tetapi Grup N dan dipilih Grup A juga dapat kontes mobil seri.

Tim dan driver

Lihat WRC musim 2010 untuk daftar tim dan driver.
Ford 's Grönholm Marcus di Bunnings Jumps dari 2006 Rally Australia.

20 pabrik yang berbeda telah memenangkan event World Rally Championship, [6]dan sepuluh lebih lanjut telah selesai di podium.[7]

Suzuki dan Subaru menarik diri dari WRC di akhir kejuaraan 2008 , baik mengutip penurunan ekonomi saat ini yang mempengaruhi industri otomotif untuk penarikan mereka.

Tim WRC khas akan terdiri dari sekitar 40 orang pada peristiwa, dengan 60-100 lebih lanjut di tim dasar[8].

Produsen-produsen dan didukung tim biasanya memiliki dua atau tiga pembalap yang berpartisipasi di setiap reli dan berhak skor poin. Jumlah kru (sopir dan nya bersama co-driver ) dalam aksi unjuk rasa bervariasi dari 47 ( Monte Carlodan Meksiko ) untuk 108 ( Great Britain ) selama musim 2007.[9]

Cakupan

[sunting ]TV

ISC TV membuat pembaruan setiap peristiwa sehari-hari setelah hari tahapan telah selesai dan liputan TV telah diproses. Program ini menyoroti setiap hari sekitar 30 menit dengan durasi dan mencakup secara mendalam hari tahapan, dengan mobil rekaman dalam serta wawancara pengemudi. Sebelum rally juga ada Gambar Rally yang biasanya mencakup driver khusus, tim teknis dan fitur serta memberikan gambaran umum mendatang's rally rute. Ada juga program review, yang berlangsung sekitar satu jam, yang merangkum reli dan peristiwa besar yang terjadi selama jangka waktu tersebut; tahapan tidak secara rinci seperti update harian karena program review.

Taman bidang pelayanan selama tahun 2006 Rally Finlandia.

Ini kemudian ditampilkan di 186 negara yang berbeda dalam berbagai bahasa, setiap hari dalam acara tersebut. The make up dan format untuk siaran televisi bisa berubah dari satu negara ke negara, tergantung pada broadcaster lokal tapi semuanya menggunakan ISC TV feed. ISC TV juga menyediakan cakupan dari semua kejadian dalam Junior World Rally Championship dan Produksi World Rally Championship dalam 26 menit menyoroti paket.

Juga dihasilkan setelah setiap acara hiburan gaya hidup program yang disebut WRC Semua Akses , terfokus pada layar di belakang pengalaman hidup WRC, baik di dan dari jalan. Program-program ini fokus pada semua elemen setiap negara yang dikunjungi termasuk budaya, makanan, orang, tempat-tempat serta acara WRC itu sendiri. Rally Dunia , sebuah program acara rally review mingguan dari seluruh planet, termasuk WRC, yang PWRC, yang JWRC serta Asia Pacific Rally Championship , yang Rally Championship Australia dan Timur Tengah Rally Championship antara lain.

Di Britania Raya , cakupan dari tiga hari acara ditampilkan pada Dave pada hari Minggu setelah acara selesai. Dave juga menunjukkan program yang berbeda pada rallying - misalnya tentang mobil WRC atau crash - sebelum menunjukkan jangkauan acara tersebut.

Selama musim 2007 , pemirsa TV di seluruh dunia WRC kumulatif untuk pemrograman's ISC adalah 816.000.000. program ini tersedia di lebih dari 180 negara, dan ditayangkan di lebih dari 250 saluran TV yang berbeda. Jumlah siaran khusus adalah 12.445, dan jumlah jam cakupan adalah 5.457.[10]

Champions



SeasonChampionship for DriversChampionship for Manufacturers
DriverCarManufacturerCar
2009France Sébastien LoebCitroën C4 WRCFrance CitroënCitroën C4 WRC
2008France Sébastien LoebCitroën C4 WRCFrance CitroënCitroën C4 WRC
2007France Sébastien LoebCitroën C4 WRCUnited States FordFord Focus WRC
2006France Sébastien LoebCitroën Xsara WRCUnited States FordFord Focus WRC
2005France Sébastien LoebCitroën Xsara WRCFrance CitroënCitroën Xsara WRC
2004France Sébastien LoebCitroën Xsara WRCFrance CitroënCitroën Xsara WRC
2003Norway Petter SolbergSubaru Impreza WRCFrance CitroënCitroën Xsara WRC
2002Finland Marcus GrönholmPeugeot 206 WRCFrance PeugeotPeugeot 206 WRC
2001United Kingdom Richard BurnsSubaru Impreza WRCFrance PeugeotPeugeot 206 WRC
2000Finland Marcus GrönholmPeugeot 206 WRCFrance PeugeotPeugeot 206 WRC
1999Finland Tommi MäkinenMitsubishi Lancer EvolutionJapan ToyotaToyota Corolla WRC
1998Finland Tommi MäkinenMitsubishi Lancer EvolutionJapan MitsubishiMitsubishi Lancer Evolution
1997Finland Tommi MäkinenMitsubishi Lancer EvolutionJapan SubaruSubaru Impreza WRC
1996Finland Tommi MäkinenMitsubishi Lancer EvolutionJapan SubaruSubaru Impreza 555
1995United Kingdom Colin McRaeSubaru Impreza 555Japan SubaruSubaru Impreza 555
1994France Didier AuriolToyota Celica Turbo 4WDJapan ToyotaToyota Celica Turbo 4WD
1993Finland Juha KankkunenToyota Celica Turbo 4WDJapan ToyotaToyota Celica Turbo 4WD
1992Spain Carlos SainzToyota Celica Turbo 4WDItaly LanciaLancia Delta HF Integrale
1991Finland Juha KankkunenLancia Delta Integrale 16VItaly LanciaLancia Delta Integrale 16V
1990Spain Carlos SainzToyota Celica GT-FourItaly LanciaLancia Delta Integrale 16V
1989Italy Miki BiasionLancia Delta IntegraleItaly LanciaLancia Delta Integrale
1988Italy Miki BiasionLancia Delta IntegraleItaly LanciaLancia Delta Integrale
1987Finland Juha KankkunenLancia Delta HF 4WDItaly LanciaLancia Delta HF 4WD
1986Finland Juha KankkunenPeugeot 205 Turbo 16France PeugeotPeugeot 205 Turbo 16
1985Finland Timo SalonenPeugeot 205 Turbo 16France PeugeotPeugeot 205 Turbo 16
1984Sweden Stig BlomqvistAudi QuattroGermany AudiAudi Quattro
1983Finland Hannu MikkolaAudi QuattroItaly LanciaLancia Rally 037
1982Germany Walter RöhrlOpel Ascona 400Germany AudiAudi Quattro
1981Finland Ari VatanenFord Escort RS1800United Kingdom TalbotTalbot Sunbeam Lotus
1980Germany Walter RöhrlFiat 131 AbarthItaly FiatFiat 131 Abarth
1979Sweden Björn WaldegårdFord Escort RS1800*United States FordFord Escort RS1800
1978Finland Markku Alén***Fiat 131 Abarth**Italy FiatFiat 131 Abarth
1977Italy Sandro Munari***Lancia Stratos HFItaly FiatFiat 131 Abarth
1976No drivers' championshipItaly LanciaLancia Stratos HF
1975No drivers' championshipItaly LanciaLancia Stratos HF
1974No drivers' championshipItaly LanciaLancia Stratos HF
1973No drivers' championshipFrance Alpine-RenaultAlpine A110
* - Björn Waldegård drove a Mercedes 450 SLC in two rallies in 1979
** - Markku Alén drove a Lancia Stratos HF in two rallies in 1978
*** - In 1977 and 1978, the drivers championship was the FIA Cup for Rally Drivers
No drivers title 1973-1976

kelas lain

Video games

Ada banyak video game berdasarkan World Rally Championship, dan karena kurangnya lisensi, lebih banyak berdasarkan hanya mobil tertentu, driver atau peristiwa. Sega Rally dirilis pada tahun 1995, V-Rally dan Top Gear Rallypada tahun 1997 dan pertama permainan yang sangat populer di Colin McRae Rally seri tahun 1998. Rally Trophy , dirilis pada tahun 2001 untuk Microsoft Windows dengan momok , berkonsentrasi pada mobil-mobil bersejarah seperti Alpine A110 dan Lancia Stratos . RalliSport Challenge , dirilis pada tahun 2002 untuk Windows dan Xbox oleh Digital Illusions CE , fitur klasik Grup B mobil dan hillclimb model bersama dengan mobil WRC modern.

Sepenuhnya berlisensi FIA WRC: World Rally Championship dirilis pada tahun 2001 untuk PlayStation 2 oleh Evolution Studios . Seri permainan video game telah kelima, WRC: Rally Evolved , pada tahun 2005. Racing simulator Richard Burns Rally , dirilis pada tahun 2004 untuk beberapa platform, telah berkumpul pengakuan untuk realisme. Recent game terlaris termasuk Colin McRae: Dirt dan Sega Rally Revo . Gran Turismo 5 akan berisi total WRC berlisensi. Black Bean Games mengumumkan bekerja pada judul berlisensi WRC, yang ditetapkan untuk rilis pada September 2010. Mereka juga bekerja dengan iOpener Media untuk memungkinkan pemain untuk berpacu dengan driver WRC nyata secara real time.[14]

Fiat Grande Punto Abarth S2000.

World Rally Championship juga mendukung fitur yang disebut kejuaraan Produksi mobil World Rally Championship(PWRC), di Junior World Rally Championship (JWRC) dan Super 2000 World Rally Championship (SWRC). Kejuaraan ini dilombakan pada acara yang sama dan tahapan sebagai WRC. Pada tahun 2008, The PWRC mencakup delapan dan tujuh JWRC peristiwa. Pada tahun 2007, kejuaraan junior telah ada kegiatan di luar Eropa sehingga dikenal secara sederhana sebagai Junior Rally Championship (JRC).

Produksi Mobil World Rally Championship (WRC-P) dimulai pada tahun 2002, menggantikan FIA Grup N Piala yang telah diperebutkan dari 1987. Mobil kejuaraan ini produksi berbasis dan homologated bawah aturan N Group.[11]

Junior World Rally Championship (J-WRC) dimulai pada tahun 2001, dan dapat bersaing dengan Super 1600 , Grup N dan memilih Grup A mobil. Driver di kejuaraan harus 28 tahun atau lebih muda. Tidak ada batas usia untuk co-driver.[12]

Super 2000 World Rally Championship (S-WRC) yang dimulai pada 2010. Dalam kategori Super 2000 adalah kompetisi untuk driver (yang dikenal sebagai S-WRC) dan satu lagi untuk tim (World Rally Championship Piala). Mobil-mobil di kejuaraan berada di bawah Super 2000 aturan.[13]


0 komentar: